Tuesday 11 July 2017

KEUNTUNGAN KOLAM TERPAL BULAT

         Seiring dengan perkembangan IPTEK kebutuhan seseorang semakin ingin cepat dan instan, itinya nga mau repot ambil simpelnya aja.Seperti halnya dalam budidaya ikan yang terpenting adalah bagaimana caranya air dalam kolam tetap terjaga kualitasnya dan ikan dapat berkembang dengan baik.Dengan berbagai cara petani ikan melakukan usaha antara lain, melakukan pergantian air, memberi filter kolam, memberi bakteri atau probiotik yang dapat mengurai feses ikan.
  
         Feses ikan mengandung amoniak. Dimana amoniak adalah triger dari beberapa jamur dan bakteri patogen seperti aeromonas hydrophilla dan e coli......Selain itu sudut pada kolam kotak mempersempit area berenang ikan sehingga seringkali pada kolam kotak ikan berkumpul di pojokan kolam sehingga penumpukan feses berlangsung cukup besar ersebar di dasar kolam ini mempersulit pembersian kotoran dasar kolam dehingga kini hadirlah KOLAM TERPAL BULAT..

Berikut ini keuntungan kolam terpal bulat dari pda kolam bentuk lainnya:

1. TIDAK ADA SUDUT KOLAM
   Sehinnga ikan dalam kolam dapat leluasa berenang bebas tanpa ada batas.

2. MEMPERMUDAH PEMBUANGAN FESES IKAN
   Dengan model dasar kolam bulat yang mengerucut kebawah pusat kolam. sehingga kotar terkumpul di pusat tersebut. dan proses pembuanganya menjadi lebih mudah tanpa membuang banyak air kolam.

3. PIPA OVERFLOW 3 STEP
    Dengan adanya pipa ini dapat mengetahui tinggi air kolam, penentu kelebihan air kolam, dan dapat membuang kelebihan air pda saat hujan sehingga kolam tidak akan meluap.

4. MUDAH DALAM PERAWATAN, PENGAWASAN, DAN PERBAIKAN
     Jika terjadi kebocoran kolam mudah diketahui dan mudah memperbaiki. Dibandingkan dengan kolam beton yang terdapat didalam tanah sulit diketahui serta sulit memperbaikinya.. Keberadaan kolam yang ada di permukaan tanah mudah mengetahui kebocorannya seta mudah dalam perbaikan hanya dengan di LEM.

5. EKONOMIS DAN PRAKTIS
    jelas kolam terpal lebih murah dibandingkan dengan kolam beton. Mudah dan cepat dalam pemasangan kolam. praktis bila ingin memindahkan tanpa harus merubah kondisi tanah.

6. BEBAS LUMUT
   Karena bahan terpal mengandung lapisan vinyl lumut yang menpel sangan mudah dibersihkan tanpa perlu bersusah payah menggosok tertalu keras dengan sikat. Cukup menggosok dengan plastik kantong kresek ringan, lumut sudah bisa dibersihkan.

7. ANTI BANJIR
   Karena kolam berada di atas permukaan tanah sehingga ketika banjir kolam tidak kebanjiran,, selama banjir tidak teringgi kolam.

8. KEMAMPUAN TEBAR PADAT
    Karena ikan berenang tanpa batasan ketika menyusuri tinggi kolam bisa dilakukan tebar padat (khusus budidaya lele). Kami sendiri melakukan budidaya untuk ikan lele dan Nila. Untuk lele SOP kami berikan 500 sampe 1000 ekor ikan per meter kubiknya. Sdangkan Nila kami isi sekitar 40 ekor per meter kubik air.
 
     sekian, semoga bermanfaat, barangkali ada kesalahan atau saran boleh komen dibawah....
THANKS


KOLAM TERPAL BAPAK DWI 

❗HATI-HATI GAMBAR MEMPUNYAI HAK CIPTA ❗






conntac person
081 555 3030 49

No comments:

Post a Comment